Kamis, 19 Januari 2017

Pengertian dan Jenis-Jenis Metamorfosis (Cara Belajar SD Mangkura)

A. Pengertian Metamorfosis
Metamorfosis (daur hidup) adalah perubahan/perkembangan biologi yang terjadi pada diri makhluk hidup berawal dari telur hingga menjadi dewasa secara sempurna dengan mengalami perubahan pada bentuk anatomi, morfologi maupun fisiologis. Perubahan yang terjadi pada fisik disebabkan oleh pertumbuhan dan diferensiasi sel baik secara radikal maupun dinamik. 
B. Jenis-Jenis Metamorfosis
Metamorfosis ada dua yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. 
a.Metamorfosis sempurna  (holometabola) merupakan perubahan bentuk yang terjadi pada serangga dimana larva (hewan muda) mempunyai bentuk yang sangat berbeda dengan bentuk ketika sudah dewasa. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna melewati empat tahap pertumbuhan dan perkembangan. Tahapannya yaitu  telur – larvapupa – imago (dewasa). Contoh hewan bermetamorfosis sempurna adalah nyamuk, lalat, kupu-kupu dan masih banyak yang lain. 



b. Metamorfosis tidak sempurna (hemimetabola) terjadi dengan tiga tahapan yaitu mulai dari telur, menetas menjadi nimfa dan tumbuh menjadi dewasa. telur – nimfaimago (dewasa). Jadi metamorfosis tidak sempurna bisa didefinisikan sebagai proses pertumbuhan pada hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk.
Hewan yang baru menetas dari telur mempunyai bentuk sama dengan hewan yang sudah dewasa. Perubahan hanya terjadi pada bagian tubuh yang belum mengalami pertumbuhan. Sebagai contohnya belalang, belalang muda atau nimfa akan tumbuh dan pada bagian belalang yang belum tumbuh seperti sayap akan muncul dan menjadi imago / belalang dewasa.
Terdapat banyak hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna diantaranya, walang, kepik,whitefly, rayap, kutu daun, rayap, jangkrik, capung, kecoak, belalang dan juga masih banyak yang lainnya.

Video




Lokasi: Makassar, Makassar City, South Sulawesi, Indonesia

0 komentar :

Posting Komentar